Selasa, 17 Maret 2009

SEPUTAR MAULID NABI

13 MARET 2009
SEPUTAR MAULID NABI.

DARI PENGAJIAN RUTIN YANG BIASA SAYA HADIRI PADA MALAM ITU ADA YANG MENARIK UNTUK SAYA TULIS DI SINI. TEMANYA BERHUBUNGAN DENGAN PERINGATAN MAULID.

- BID’AHKAH PERAYAAN MAULID?

DI TENGAH NGONJANG-NGANJING BAHWA PERAYAAN MAULID ITU ADALAH BID’AH, (YANG DALAM FIKIRAN SAYA ADALAH SESUATU HAL YANG BARU YANG SIFATNYA IBADAH YANG TIDAK PERNAH DICONTOHKAN OLEH NABI MUHAMMAD SAW.) PERAYAAN MAULID DI BEBERAPA DAERAH YANG SUDAH MERUPAKAN TRADISI MASYARAKAT SETEMPAT TETAP BERLANGSUNG DENGAN MERIAH. APALAGI SAAT INI DIMANA DI INDONESIA SEDANG MENGHADAPI PEMILU LEGISLATIF PERAYAAN MAULID TERLIHAT BERBAU POLITIK DI DALAMNYA. ENTAH ITU HANYA BERUPA UCAPAN SELAMAT MERAYAKAN MAULID YANG MUNCUL DI HARIAN LOKAL, NASIONAL SAMPAI MEDIA TELEVISI, ENTAH ITU BERUPA SUMBANGAN-SUMBANGAN DARI PARA CALEG (CALON LEGISLATIF) UNTUK PERAYAAN MAULID ATAU PENAMPILAN DIRI DARI PARA CALEG PADA ACARA TERSEBUT.

PENETAPAN BID’AH UNTUK PERAYAAN MAULID INI TIDAK HANYA OLEH SEBAGIAN ULAMA DI INDONESIA TETAPI JUGA PARA ULAMA DI TANAH ARAB SANA KHUSUSNYA ARAB SAUDI. KONON DIKATAKAN BAHWA DI DALAM ISLAM PERAYAAN UNTUK UMAT ISLAM YANG DICONTOHKAN OLEH RASULULLAH SAW. HANYA ADA DUA YAITU IDUL FITRI DAN IDUL ADHA. DI SAMPING ITU ADALAH PERAYAAN TENTANG KELAHIRAN NABI MUHAMMAD SAW AKAN MENYAMAKAN POSISI ISLAM DENGAN AGAMA LAIN YANG MENETAPKAN KELAHIRAN DARI PENCETUS AGAMA TERSEBUT SEBAGAI HARI RAYA ATAU HARI BESARNYA.

DI BEBERAPA TEMPAT TERUTAMA DI DAERAH-DAERAH YANG BIASA MERAYAKAN MAULID NABI DENGAN BESAR-BESARAN YANG DIADAKAN OLEH MASYARAKAT SETEMPAT KADANG GAUNGNYA SAMPAI KE BEBERAPA DAERAH LAINNYA YANG TIDAK MEMPUNYAI ACARA SEPERTI ITU. SEHINGGA PERAYAAN MAULID YANG SEPERTI ITU KADANG MENJADI DAYA TARIK WISATA (MUNGKIN SEKARANG DIKATEGORIKAN WISATA RELIGI) BAGI MASYARAKAT LAINNYA. YANG AKHIRNYA PERAYAAN MAULID YANG SUDAH SEPERTI ITU AKAN DIBACK UP OLEH PEMERINTAH SETEMPAT DALAM BERBAGAI ASPEKNYA. KARENA BAGAIMANAPUN PERAYAAN SEPERTI ITU SUDAH MERUPAKAN ASET BUDAYA SETEMPAT YANG PERLU DILESTARIKAN.

DALAM LINGKUP KECIL, PERAYAAN MAULID TERUTAMA DI MASYARAKAT PEDESAAN BIASANYA PERAYAAN MAULID KADANG MENJADI TANGGUNG JAWAB MORAL BAGI ANGGOTA MASYARAKATNYA DENGAN MENYEDIAKAN SESUATU, ENTAH ITU BERUPA MAKANAN KHUSUS ATAU HIASAN TERTENTU, YANG KADANG MENJADI SUATU KEHARUSAN ATAU DALAM BAHASA PERISTILAHAN YAITU MENJADI TIDAK ATAU KURANG AFDHOL KALAU TIDAK ADA MAKANAN KHUSUS ATAU HIASAN TERTENTU TERSEBUT. PENYEDIAAN MAKANAN KHUSUS ATAU HIASAN-HIASAN TERSEBUT DISIMBOLKAN SEBAGAI SUATU KIASAN YANG POSITIF. PERAYAAN MAULID NABI ADALAH PENGGAMBARAN BAHWA KITA MENCINTAI NABI MUHAMMAD SAW.

TETAPI DALAM PENERAPANNYA DI MASYARAKAT TERKADANG MAKANAN KHUSUS ATAU HIASAN TERSEBUT JUGA UNTUK MENCERMINKAN STATUS SOSIAL DAN ATAU PENCAPAIAN DIRI ATAU KELUARGANYA TERUTAMA DALAM MASALAH EKONOMI DI TENGAH MASYARAKAT TERSEBUT. AKIBATNYA UNTUK MENGHIDARI RASA MALU DI MASYARAKAT KADANG UNTUK ORANG-ORANG YANG TIDAK MAMPU SECARA EKONOMI DENGAN TERPAKSA MEREKA MENGUSAHAKAN MENYEDIAKAN MAKANAN KHUSUS DAN HIASAN ITU BAHKAN DENGAN CARA MEMINJAM UANG.

SAYA PRIBADI PERNAH MENGALAMI KEJADIAN INI. SEORANG JAMAAH MASJID YANG BIASA KAMI BERSAMA-SAMA SHALAT BERJAMAAH MEMINTA TOLONG UNTUK PINJAM UANG. PEKERJAAN DIA HANYALAH SEORANG PENARIK BECA DI KOTA INI. SEBELUMNYA KADANG DIA MEMINJAM UANG UNTUK KEPERLUAN HIDUP KELUARGANYA. TETAPI KALI INI KETIKA SAYA TANYA UNTUK APA DIA PINJAM UANG, DIA MENJAWAB BAHWA DIA MAU MERAYAKAN MAULID DI DESANYA. JUMLAH UANG YANG MAU DIA PINJAM TIDAK SEDIKIT DIBANDINGKAN DENGAN PENGHASILANNYA SEHARI-HARI SEBAGAI PENARIK BECA. SAYA BILANG UNTUK APA PINJAM UANG DAN MENJADI BEBAN UNTUK SESUATU YANG SEBENARNYA DALAM KACA MATA SAYA BUKAN MERUPAKAN SUATU KEWAJIBAN YANG DIUATAMAKAN. TETAPI DIA MENJAWAB BAHWA KALAU DIA TIDAK IKUT MERAYAKAN MAULID DI DESANYA ADA PERASAAN MALU DIRI DAN KELUARGA TERHADAP ANGGOTA MASYARAKAT LAINNYA DAN JUGA ADA SEMACAM TEKANAN MORAL DARI MASYRAKAT TERSEBUT TERHADAP MEREKA YANG TIDAK IKUT MERAYAKAN. BAHKAN KONON SAYA DENGAR DI DESA TERTENTU JIKA ADA ANGGOTA MASYARAKAT YANG TIDAK IKUT PERAYAAN MAULID YANG DILAKSANAKAN DI DESA TERSEBUT AKAN DILAKUKAN PENGUSIRAN TERHADAP ANGGOTA MASYARAKAT TERSEBUT. (WALLAHU ‘ALAM)

WAH, WAH, KALAU CERITANYA SEPERTI BEGITU, KEHIDUPAN INI AKAN MENJADI LEBIH RUMIT. APALAGI UNTUK SAAT INI DIMANA MASYARAKAT PADA UMUMNYA MENGALAMI KESULITAN DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN HIDUP SEHARI-HARINYA. TETAPI BOLEH JADI ORANG-ORANG AKAN MENGANGGAP BAHWA KASUS-KASUH DI ATAS HANYALAH SECUIL DAGING DARI GUMPALAN DAGING YANG BESAR DALAM ARTI BAHWA PROSESTASE ORANG-ORANG SEPERTI TEMAN JAMAAH MASJID SAYA TIDAKLAH SEBERAPA DAN MASYARAKAT YANG MERAYAKAN MAULID TERLIHAT ENJOY DAN BERSUKARIA DENGAN PERAYAANNYA, TERLEPAS APAKAH ITU BID’AH DALAM PRESPEKTIF SEBAGIAN ULAMA.

- HAL PENTING DALAM PERINGATAN MAULID

ADA SEBAGIAN ULAMA YANG MENEKANKAN BAHWA DALAM KONDISI MASYARAKAT SAAT INI YANG JAUH DARI NILAI-NILAI AGAMA, MOMENT HARI KELAHIRAN DARI NABI MUHAMMAD SAW ADALAH SUATU MOMENT YANG TEPAT UNTUK KITA KEMBALI MENGGALI DAN MENGANGKAT NILAI-NILAI KEISLAMAN YANG DIBAWA OLEH NABI MUHAMMAD SAW SEBAGAI RASULULLAH. TIDAK DALAM BENTUK PERAYAAN YANG BESAR-BESARAN DAN MENGADA-ADAKAN SESUATU ENTAH ITU MAKANAN ATAU HIASAN YANG KHUSUS TETAPI HANYA BERUPA PERINGATAN (PERINGATAN DIBEDAKAN DENGAN PERAYAAN) AKAN SELURUH PROSES YANG TERKAIT DENGAN LAHIRNYA NABI MUHAMMAD SAW KE MUKA BUMI INI SAMPAI KEPADA TENTUNYA ADALAH KEMBALI KEPADA AJARAN YANG DIBAWANYA.

UNTUK ITU SEMESTINYA KITA AKAN BERBICARA MENGENAI TAREKH KEHIDUPAN RASULULLAH SAW, SUNNAH-SUNNAHNYA DAN KEWAJIBAN KITA SEMUA SEBAGAI PENERUS RISALAHNYA UNTUK KEMBALI MENGANGKAT SEMUA AJARANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. KALAU INTINYA SUDAH SEPERTI ITU SEBENARNYA HARI-HARI KITA DILUAR BULAN RABIUL AWWAL DIMANA KITA MEMBICARAKAN TENTANG SUNNAH-SUNNAH RASULULLAH SAW, KITA BISA DISEBUT SEDANG MEMPERINGATI TENTANG MAULID NABI MUHAMMAD SAW. JADI MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW TIDAK TERIKAT DAN TERKAIT DENGAN TANGGAL KELAHIRANNYA SAJA.

-HIKMAH 2 ABU YANG MENCINTAI RASULULLAH SAW.

KETIKA DALAM PROSES PERJUANGAN RASULULLAH SAW DALAM MENEGAKKAN ISLAM DI MUKA BUMI INI ADA DUA NAMA YANG SANGAT DEKAT DAN SANGAT MENCINTAI DENGAN BELIAU, YAITU ABU THALIB BIN ABDUL MUTHTHALIB DAN ABU BAKAR ASH-SHIDDIQ. TETAPI KEDUA ORANG INI MEMPUNYAI PERBEDAAN YANG SANGAT MENCOLOK DI AKHIR KISAH HIDUP MEREKA.

ABU THALIB, SEPERTI YANG KITA TAHU BERSAMA BELIAU ADALAH PAMAN LANGSUNG DARI NABI MUHAMMAD SAW, YAITU SAUDARA DARI BAPAKNYA NABI MUHAMMAD SAW, ABDULLAH. ABU THALIB LAH YANG MEMELIHARA NABI MUHAMMAD SAW SEJAK KECIL SETELAH IBU NABI MUHAMMAD SAW, SITI AMINAH MENINGGAL DUNIA HINGGA DEWASA KETIKA NABI MUHAMMAD SAW DIANGKAT OLEH ALLAH SEBAGAI RASULULLAH. (BAPAK NABI MUHAMMAD SAW SUDAH MENINGGAL KETIKA NABI MUHAMMAD SAW MASIH DALAM KANDUNGAN IBUNYA).

YANG MENARIK ADALAH ABU THALIB INI, YANG MERUPAKAN BAPAK DARI ALI BIN ABU THALIB, SANGAT MENCINTAI NABI MUHAMMAD SAW BAHKAN AKAN MEMBELA MATI-MATIAN KETIKA ADA KAUM QURAISY YANG MAU MENCEDERAI, MENCELAKAKAN BAHKAN MEMBUNUH NABI MUHAMMAD SAW. ABU THALIB SANGAT MENCINTAI NABI MUHAMMAD SAW HANYA SEBATAS KARENA NABI MUHAMMAD SAW ADALAH KEMENAKANNYA YANG MEMANG SELAIN BELIAU BESARKAN SEJAK KECIL JUGA PERILAKUNYA YANG TIDAK MEMBUAT PAMANNYA TERSEBUT KEREPOTAN. TETAPI KETIKA NABI MUHAMMAD SAW MENGAJAKNYA UNTUK MASUK ISLAM DENGAN MENGUCAPKAN DUA KALIMAT SYAHADAT BELIAU MENOLAKNYA BAHKAN SAMPAI KETIKA NYAWA MAU MERENGGUTNYA. BELIAU TETAP MENOLAK UNTUK MASUK ISLAM. WALAUPUN NABI MUHAMMAD SAW MENYATAKAN BAHWA AKAN MEMBERIKAN SYAFAAT NANTI DI HADAPAN ALLAH SWT, KALAU BELIAU MASUK ISLAM.

NABI MUHAMMAD SAW SANGAT SEDIH KETIKA ABU THALIB MENINGGAL DALAM KEADAAN TIDAK MEMELUK AGAMA ISLAM. TETAPI KARENA JASA-JASANYA TERHADAP NABI MUHAMMAD SAW DALAM MENYEBARKAN AGAMA ISLAM DI AWAL-AWAL PENGANGKATANNYA SEBAGAI RASULULLAH, NABI MUHAMMAD SAW MENYATAKAN BAHWA ABU THALIB DISIKSA DI NERAKA TETAPI DENGAN SIKSAAAN YANG PALING RINGAN.

SATU LAGI YANG BERNAMA ABU YANG SANGAT MENCINTAI NABI MUHAMMAD SAW ADALAH ABU BAKAR ASH-SHIDDIQ RA. ABU BAKAR RA ADALAH SALAH SATU BANGSAWAN QURAISY YANG CUKUP DISEGANI. BELIAULAH YANG PERTAMA KALI DARI KALANGAN BANGSAWAN QURAISY YANG MEMBENARKAN ATAS KENABIAN MUHAMMAD SAW. BELIAULAH YANG MEMBENARKAN PERISTIWA ISRA MI’RAJNYA NABI MUHAMMAD SAW KETIKA SEMUA ORANG QURAISY MENYATAKAN GILA KEPADA NABI MUHAMMAD SAW ATAS PERJALANANNYA DARI MEKKAH KE YERUSSALEM BOLAK-BALIK DALAM SATU MALAM. BELIAU MEMBENARKAN KARENA SEBELUMNYA NABI MUHAMMAD SAW TIDAK PERNAH BERBOHONG DAN BERPERILAKU SALAH. SEHINGGA AKHIRNYA NABI MUHMMAD SAW MEMBERI GELAR ASH-SHIDDIQ KEPADA ABU BAKAR.

SAMA DENGAN ABU THALIB, CINTANYA ABU BAKAR ASH-SHIDDIQ RA. KEPADA NABI MUHAMMAD SAW SANGAT LUAR BIASA. BELIAU AKAN MELINDUNGI NABI MUHAMMAD SAW DARI GANGGUAN KAUM QURAISY. BAHKAN BELIAU BERANI MATI UNTUK KESELAMATAN RASULULLAH SAW. KITA INGAT, BAGAIMANA SAKITNYA KETIKA KAKI BELIAU DIGIGIT ULAR DI GUA TEMPAT PERSEMBUNYIAN DENGAN NABI MUHAMMAD SAW KETIKA HIJRAH KE MADINAH. BELIAU TIDAK BERTERIAK KESAKITAN KARENA MELINDUNGI NABI MUHAMMAD SAW DARI KEJARAN KAUM QURAISY YANG MENCARI MEREKA BERADA DI MULUT GUA. NISCAYA KALAU BELIAU BERTERIAK TEMPAT PERSEMBUNYIAN MEREKA AKAN DIKETAHUI DAN SUDAH TENTU KESELAMATAN NABI MUHAMMAD SAW AKAN TERANCAM.

KECINTAAN DAN JASA-JASA ABU BAKAR ASH-SHIDDIQ RA KEPADA ISLAM MENJADIKANNYA DIJAMIN OLEH NABI MUHAMMAD SAW MASUK SURGA. KITA TAHU BERSAMA BAHWA BELIAULAH YANG MENJADI KHALIFAH PERTAMA YANG MENGGANTIKAN NABI MUHAMMAD SAW KETIKA NABI MUHAMMAD SAW WAFAT. DAN BANYAK LAGI JASA-JASA BELIAU KEPADA ISLAM.

LAIN ABU THALIB LAIN PULA ABU BAKAR RA. WALAU SAMA-SAMA MENCINTAI RASULULLAH SAW TETAPI BERAKHIR DI JALUR YANG BERBEDA. YANG SATU YAITU ABU THALIB TIDAK MAU MEMELUK ISLAM DAN MASUK NERAKA, SEDANGKAN YANG LAIN YAITU ABU BAKAR JUSTRU MEMBENARKAN APA YANG DISYIARKAN OLEH RASULULLAH SAW DAN AKHIRNYA DIJAMIN RASULULLAH SAW MASUK SURGA.

PAK KIAI, MENYATAKAN SUDAH TENTU KITA SEHARUSNYA MENCONTOH APA YANG DILAKUKAN OLEH ABU BAKAR ASH-SHIDDIQ RA. MENCINTAI DAN MENEGAKKAN APA YANG DIPERINTAHKAN OLEH RASULULLAH SAW. JANGAN SEPERTI ABU THALIB YANG MENCINTAI RASULULLAH SAW KARENA KEPRIBADIAN DAN HUBUNGAN DARAH, TETAPI TIDAK MAU MENEGAKKAN ISLAM. JANGAN SAMPAI KITA MERAYAKAN MAULID NABI SECARA BESAR-BESARAN KARENA RASA CINTA KITA KEPADA RASULULLAH SAW. TETAPI KETIKA KITA DISURUH MENEGAKKAN AGAMA ISLAM KITA TIDAK MAU. YA...ITU SAMA SAJA DENGAN YANG DILAKUKAN OLEH ABU THALIB, PAMAN RASULULLAH SAW. NA’UDZUBILLAHI MIN DZALIK.

(SEDIKIT INFORMASI TENTANG KELUARGA BESAR ABDUL MUTHALIB, KAKEK RASULULLAH SAW. KAKEK RASULULLAH SAW MEMPUNYAI ANAK 18 ORANG ANAK. DARI 18 ORANG ITU YANG MASUK ISLAM HANYA 4 ORANG. 2 PAMAN DAN 2 TANTE RASULULLAH SAW. PAMANNYA IALAH HAMZAH RA. DAN ABBAS RA. TANTENYA KLO TIDAK SALAH SAFIYAH DAN ATIKAH, SAUDARA KEMBARNYA ABDULLAH AYAHNYA RASULULLAH SAW. 2 TANTE DAN ABBAS RA. DIMAKAMKAN DI BAQI, KONON KUBURANNYA MASIH ADA. HAMZAH RA. MENINGGAL SYAHID DI PERANG UHUD. NAH, PAK KIAI BILANG KLO ADA YANG MENGAKU-NGAKU KETURUNAN NABI TETAPI TIDAK MEMPERLIHATKAN KEISLAMAN YANG BENAR, MUNGKIN ITU DATANGNYA DARI JALUR PAMANNYA YANG TIDAK MASUK ISLAM)

“YA..ALLAH, TUNJUKKANLAH YANG BENAR ITU BENAR. DAN BERILAH KAMI KEKUATAN UNTUK MELAKSANAKAN DAN MENEGAKKANNYA. TUNJUKKANLAH YANG SALAH ITU SALAH. DAN BERILAH KAMI KEKUATAN UNTUK MENGHINDARI DAN MENOLAKNYA”. AMIN

Senin, 02 Maret 2009

in memoriam, m. saleh

28 FEB 09
IN MEMORIAM, M. SALEH

BERAWAL DARI HARI KAMIS SORE, IBUNYA ANAK-ANAK ARTINYA ISTRI SAYA MENYAMPAIKAN BERITA BAHWA KETIKA TERTIDUR SEBENTAR SEBELUMNYA SEOLAH-OLAH NAMANYA DIPANGGIL OLEH IBUNYA DAN ADIK PEREMPUANNYA SEHINGGA KEMUDIAN TERBANGUN DAN MENCOBA MENCARI TAHU APA YANG TERJADI DI KAMPUNG HALAMAN DI PURWAKARTA SANA. RUPANYA DARI PERBINCANGAN PER TELEPON DIKETAHUI BAHWA AYAHNYA YAITU MERTUA LAKI-LAKI SAYA KEMBALI DI RAWAT DI RUMAH SAKIT AD GATOT SUBROTO DI JAKARTA. IBU ISTRI SAYA SEPERTI SUDAH ADA FEELING MEMINTA KEPADA ANAK-ANAKNYA YANG TINGGAL TIDAK JAUH DARI JAKARTA UNTUK DATANG. MEMANG BENAR, SETELAH ISTRI SAYA MENCOBA CEK KE KAKAK DAN ADIKNYA YANG TINGGAL DI BANDUNG, MEREKA SEDANG BERADA DI STASIUN KERETA API UNTUK BERANGKAT KE JAKARTA.

ISTRI SAYA AWALNYA AGAK KEBERATAN DENGAN KEADAAN INI DIMANA MEREKA TIDAK MEMBERITAHUKAN LANGSUNG KEPADA DIRINYA KONDISI YANG TERJADI PADA AYAHNYA. TETAPI KEBIJAKAN SEORANG IBU, YAITU MERTUA SAYA YANG MELIHAT BAHWA KAMI ADALAH ANAK YANG TINGGAL PALING JAUH DAN MEMPUNYAI ANAK YANG BOLEH DIBILANG CUKUP BANYAK, YAITU EMPAT ORANG. MEREKA YANG TINGGAL DEKAT DENGAN RUMAH ORANG TUA BERJANJI AKAN MEMBERITAHUKAN KALAU MEMANG KONDISINYA SUDAH MEMUNGKINKAN. DAN YANG KEDUA MENURUT FIKIRAN SAYA ADALAH SEKITAR TIGA MINGGU SEBELUMNYA ISTRI SAYA PUN SUDAH DATANG MENJENGUK AYAHNYA YANG TERBARING SAKIT.

AYAH ISTRI SAYA, SEKITAR LIMA MINGGU SEBELUMNYA MENGALAMI MUSIBAH. KETIKA BERANGKAT KE MASJID UNTUK SHALAT SUBUH BERSAMA DENGAN TEMAN KARIBNYA YANG DIBONCENG DI MOTORNYA, MEREKA TERTABRAK MOBIL YANG MELAJU KENCANG DARI ARAH SAMPING DI SEBUAH PEREMPATAN JALAN. DARI BERITA YANG DISAMPAIKAN KELUARGA KONDISI MERTUA SANGAT MENYEDIHKAN, BAHKAN TEMAN KARIBNYA SEJAK PERISTIWA TABRAKAN TERSEBUT TIDAK PERNAH SADAR KEMBALI HINGGA SORENYA BERPULANG KE RAHMATULLAH. (INNA LILLAHI WAINNA ILAIHI ROJI’UN. INSYA ALLAH. AMIN). KARENA KETERBATASAN FASILITAS RUMAH SAKIT DI PURWAKARTA AKHIRNYA DIBAWA KE JAKARTA. DIKETAHUI DI BEBERAPA TEMPAT TERUTAMA KAKI DAN BAHU, TULANGNYA PATAH SEHINGGA MEMERLUKAN OPERASI UNTUK MENYEMBUHKANNYA.

TAKDIR, BAIK ATAU BURUK. MEMANG TIDAK BISA DIHINDARI. DALAM PERSFEKTIF ISLAM ITU MERUPAKAN SALAH SATU SIKAP KEIMANAN DARI SEORANG MUSLIM. WALAU -MUNGKIN DALAM FIKIRAN MANUSIA- SUATU TAKDIR BURUK BISA BERAWAL DARI SESUATU YANG BAIK. MERTUA SAYA MEMANG SUDAH BIASA PERGI SHALAT SUBUH DI MASJID YANG JARAKNYA CUKUP RELATIF JAUH. SEWAKTU KEJADIAN MUSIBAH TERSEBUT KONDISI CUACA SEDANG MUSIN HUJAN. KELUARGA DI PURWAKARTA SUDAH MELARANG UNTUK PERGI KE MASJID DENGAN PERTIMBANGAN MUSIM HUJAN. TETAPI KARENA MERASA ADA TANGGUNG JAWAB SEBAGAI IMAM SHALAT MERTUA SAYA HARUS HADIR DI MASJID TERSEBUT. YANG KADANG KATANYA JAMAAH SELALU MENUNGGU KEDATANGAN MERTUA SAYA. AKHIRNYA LARANGAN TERSEBUT TIDAK DIINDAHKANNYA.

SEBENARNYA PROSES OPERASI TULANG BAIK YANG DIKAKI MAUPUN DI BAHU BERJALAN DENGAN BAIK BEGITU PULA PASCA OPERASI. SEHINGGA MERTUA SAYA SEMPAT PULANG KE RUMAH DI PURWAKARTA TETAPI RUPANYA –ENTAH KARENA AKIBAT KECELAKAAN ATAU DARI MASALAH KEJIWAAN- HARI-HARI DI RUMAH KONDISINYA BELUM STABIL HINGGA TERJADI SEPERTI CERITA DI ALENIA PERTAMA.

WAKTU ITU, HARI KAMIS SAYA SEMPAT BERFIKIR BAHWA MUNGKIN MERTUA SAYA AKAN MENINGGAL HARI JUM’AT INI. NAMUN ITU JUGA MERUPAKAN SUATU HARAPAN SAYA KARENA YANG SAYA TAHU SESEORANG YANG MENINGGAL HARI JUM’AT, MEMPUNYAI NILAI YANG LEBIH. APAKAH ITU BETUL ATAU TIDAK, ALLAHLAH YANG MAHA TAHU. TETAPI FIKIRAN ITU TIDAK SAYA SAMPAIKAN KEPADA ISTRI SAYA. MANUSIA TIDAK ADA YANG BISA MENDUGA TENTANG MASALAH ITU YAITU KAPAN SESEORANG AKAN MENINGGAL. ITU MERUPAKAN RAHASIA ALLAH SWT, SEBAGAI KEKUASAN-NYA. ALLAH SWT HANYA BERFIRMAN SALAH SATUNYA DALAM SURAT ALI IMRAN AYAT 185 YANG ARTINYA :”SETIAP YANG BERNYAWA AKAN MERASAKAN MATI” DAN DI AYAT 11 SURAT AL-MUNAFIQUN ALLAH SWT MENEGASKAN TENTANG WAKTU KEMATIAN MAKHLUKNYA :”DAN ALLAH TIDAK AKAN MENUNDA (KEMATIAN)SESEORANG APABILA WAKTU KEMATIANNYA TELAH DATANG. DAN ALLAH MAHA TELITI TERHADAP APA YANG KAMU KERJAKAN” DI AYAT LAIN YANG PERNAH SAYA BACA, ALLAH SWT TIDAK AKAN MEMAJUKAN ATAU MENUNDA BARANG SESAAT TENTANG KEMATIAN SESEORANG.

JAM 3 DINI HARI, KAMI TERBANGUN DENGAN BERITA BAHWA MERTUA SAYA DALAM KONDISI KOMA, TEKANANNYA TURUN DRASTIS. WAKTU ITU KAMI SEMPAT BERBICARA DAN MERENCANAKAN UNTUK ISTRI SAYA PERGI KE JAKARTA DENGAN PESAWAT PAGI ITU. TETAPI KEMUDIAN MENJELANG SUBUH ADA BERITA KEMBALI BAHWA MERTUA SAYA SUDAH KEMBALI MEMBAIK BAHKAN ADIK ISTRI SAYA MENGATAKAN UNTUK JANGAN DULU PERGI KE JAKARTA KE ISTRI SAYA. DI SAMPING DITERANGKAN JUGA LANGKAH-LANGKAH MEDIS YANG AKAN DILAKUKAN PAGI INI TERHADAP MERTUA SAYA.

HARI JUM’AT, MENJELANG SHALAT JUM’AT, SAYA KEMBALI MENERIMA TELEPON DARI KAKAK ISTRI SAYA YANG MEMINTA ISTRI SAYA UNTUK DATANG KE JAKARTA. DI SAMPAIKAN JUGA BAHWA KONDISI MERTUA SAYA KEMBALI MEMBURUK. SAYA SAMPAIKAN BAHWA SAYA AKAN SIAPKAN TIKET, YANG AKHIRNYA SAYA DAPATKAN TIKET PESAWAT SORE HARI TEPATNYA PESAWAT JAM 4 WAKTU INDONESIA BAGIAN TENGAH (WITA). ANAK-ANAK YANG SANGAT DEKAT DENGAN IBUNYA TIDAK TERLALU REWEL DENGAN KEBERANGKATAN IBUNYA KALI INI TIDAK SEPERTI KEBERANGKATAN PERTAMA 3 MINGGU SEBELUMNYA.

LIMA ATAU SEPULUH MENIT MENJELANG MAGHRIB, KETIKA SAYA SAMPAI DI MASJID SAYA LIHAT DI HP ADA MISCALL 2 KALI. MEMANG HP SAYA SUDAH MATIKAN RINGTONE DAN BUNYI SMSNYA SEJAK DARI RUMAH. SAYA CEK TERNYATA SATU DARI KAKAK SAYA SENDIRI DARI BANDUNG DAN SATU LAGI HANYA BEDA 1 MENIT KEMUDIAN BERASAL DARI ADIK IPAR SAYA YANG SEMENTARA INI ADA DI JAKARTA. PERASAAN SAYA JADI TIDAK ENAK. SAYA TELP KEMBALI KAKAK SAYA DI BANDUNG, TETAPI TERNYATA KAKAK SAYA HANYA MENANYAKAN KONDISI DARI MERTUA SAYA. SETELAH SAYA TERANGKAN KONDISINYA KEMUDIAN SAYA PUN COBA TELP KE ADIK IPAR SAYA. TETAPI TELP TIDAK MAU MASUK. DICOBA BEBERAPA KALI PUN TETAP SEPERTI ITU HINGGA SUARA ADZAN MAGHRIB MULAI TERDENGAR.

SEBENARNYA SETELAH SHALAT MAGHRIB BERJAMAAH ADA PENGAJIAN YANG BIASA SAYA IKUTI, TETAPI UNTUK KALI INI SAYA SENGAJA KELUAR DARI MASJID. RASA PENASARAN SAYA UNTUK MENGETAHUI TELP MISCALL DARI ADIK IPAR SAYA. ALHAMDULILLAH SETELAH DICOBA DIHUBUNGKAN TERNYATA HUBUNGAN TELP BISA TERSAMBUNG. RUPANYA YANG BERBICARA ADALAH KAKAK IPAR SAYA YANG PALING TUA, YANG MENGABARKAN TENTANG TELAH MENINGGALNYA MERTUA SAYA PADA JAM LIMA SORE WAKTU INDONESIA BAGIAN BARAT. INNALILLAHI WAINNA ILAIHI ROJI’UN. SAYANG ISTRI SAYA WAKTU MASIH ADA DALAM PESAWAT.

M. SALEH, NAMA MERTUA SAYA. ORANG-ORANG DI SEKITAR RUMAH DAN TEMAN-TEMANNYA DI PENGAJIAN BIASA MEMANGGILNYA DENGAN SEBUTAN PAK HAJI. SAYA PRIBADI, SECARA PERSONAL TIDAK TERLALU DEKAT DENGAN MERTUA SAYA, KARENA KETERBATASAN JARAK TEMPAT TINGGAL DAN KEUANGAN. SELAMA 16 TAHUN SAYA MENJALANI PERNIKAHAN DENGAN ISTRI SAYA FASE TATAP MUKA SAYA DENGAN MERTUA BISA DIHITUNG DENGAN JARI. TETAPI KALAU BOLEH SAYA KATAKAN SECARA RUHANIYAH SAYA DENGAN MERTUA SAYA SANGAT DEKAT. HAL DEMIKIAN BISA SAYA KATAKAN KARENA HUBUNGAN ITU TERJALIN KARENA ISTRI SAYA YANG SAYA NIKAHI.

MAKSUD KALIMAT TERAKHIR DI PARAGRAF SEBELUMNYA ADALAH SEPERTI YANG SAYA AKAN URAIKAN SEBAGAI BERIKUT. ISTRI SAYA ADALAH TEMAN KULIAH SATU KELAS SAYA DI PERGURUAN TINGGI. AWAL HUBUNGAN DIANTARA KAMI ADALAH BIASA-BIASA SAJA. SUATU SAAT SAYA MENDAPAT SUATU SIGNAL ATAU SEBERSIT …(SUSAH DICERITAKAN PERSISNYA, HANYA SETELAH KAMI BERKELUARGA BAGI SAYA TANDA ITU ADALAH PEMBERITAHUAN OLEH ALLAH SWT KEPADA SAYA BAHWA DIALAH JODOH ATAU PASANGAN SAYA) YANG DATANG TIBA-TIBA, KEJADIANNYA PUN BERLANGSUNG BEGITU SAJA, SAYA MAU MENURUNI TANGGA DAN ISTRI SAYA BERADA DI UJUNG TANGGA. TIDAK TERJADI TABRAKAN ATAU SEPERTI APA YANG ADA DI SINETRON, HANYA SAYA SEMPAT MELIHAT DIA DAN DISITULAH MUNCUL SIGNAL ITU. KAMI SUDAH SALING MENGENAL SEBELUMNYA TIDAK ADA YANG ISTIMEWA DARI HUBUNGAN KAMI. KEJADIAN ITU SEMPAT MEMBUAT SAYA HERAN. TETAPI KEMUDIAN SAYA HIRAUKAN DAN KEHIDUPAN TERUS BERJALAN. (KEJADIAN INI TIDAK PERNAH SAYA SAMPAIKAN KEPADA ISTRI SAYA, BAHKAN SAMPAI SEKARANG. MUNGKIN KALAU ISTRI SAYA BACA TULISAN INI, TENTUNYA AKAN BANYAK PERTANYAAN KEPADA SAYA HE-HE)

RUPANYA ENTAH BAGAIMANA CERITANYA KAMI MENJADI DEKAT. HUBUNGAN KAMI LEBIH BANYAK LEWAT SURAT MENYURAT. KEBERSAMAAN KAMI DI PERGURUAN TINGGI PUN TIDAK TERLALU LAMA KARENA SEJAK SEMESTER 4 DAN 5 SAYA SUDAH TIDAK AKTIF LAGI HINGGA SAYA PUN BERHENTI KARENA SAYA HARUS KE SULAWESI SELATAN INI MENCARI PEKERJAAN. NAMUN HUBUNGAN KAMI TETAP BERJALAN LEWAT SURAT MENYURAT. HINGGA SAYA PUN BERSURAT KE CALON MERTUA SAYA UNTUK MEMPERKENAL DIRI DAN MEMBERITAHUKAN TENTANG KEBERADAAN SAYA DALAM HUBUNGANNYA DENGAN ISTRI SAYA. LUAR BIASA, MENURUT ISTRI SAYA, KARENA SAYA MENDAPAT BALASAN SURAT YANG DITULIS SENDIRI OLEH MERTUA SAYA YANG KONON JARANG DILAKUKAN BAHKAN SURAT DARI ANAKNYA SENDIRI (ISTRI SAYA ADALAH KELUARGA BESAR, 13 BERSAUDARA, KAKAK-KAKAKNYA ADA YANG TINGGAL DI KALIMANTAN DAN BALI.). DAN AKHIRNYA SAYA TAHU JUGA BAHWA MERTUA SAYA MENOLAK PINANGAN UNTUK ISTRI SAYA DARI SESEORANG YANG BOLEH JADI KEILMUAN AGAMANYA LEBIH BAIK DARI SAYA.

AKHIRNYA SAYA PUN JADI LEBIH TAHU TENTANG KEGIATAN KESEHARIAN DARI MERTUA SAYA. SEBENARNYA MERTUA SAYA ADALAH PENSIUNAN ABRI, BOLEH DIBILANG TERMASUK ANGKATAN 45 KARENA PERNAH IKUT BERJUANG MELAWAN BELANDA DAN IKUT LONG MARCH KE YOGYA, PERWIRA MENENGAH DAN BEKAS KOMANDAN SALAH SATU BAGIAN DARI STRUKTUR ABRI. SATU ANGKATAN DENGAN BELIAU ADALAH AYAHNYA PENYANYI TERKENAL (HEIDI YUNUS) DAN TERMASUK DAI KONDANG DI BANDUNG, PAK YUNUS. TETAPI MERTUA SAYA KETIKA PENSIUNNYA LEBIH BANYAK BERGERAK DI BIDANG AGAMA. RUH AGAMANYALAH YANG MERUPAKAN HADIAH BAGI SAYA BERUPA ANAKNYA YANG SAYA JADIKAN ISTRI HINGGA SAAT INI. ITULAH YANG SAYA HARUS JAGA KE DEPAN. BAGAIMANAPUN RUH AGAMA SETIAP MUSLIM AKAN SAMA DAN SATU TUJUAN.

SELAMAT JALAN M. SALEH. BEBAN DI DUNIA TELAH TUNTAS. TUK MERETAS JALAN YANG TELAH DITANAM SELAMA DI DUNIA. SEMOGA TEMPAT YANG PANTAS AKAN DI DAPAT DI ALAM KUBUR DAN AKHERAT NANTI. DIMANA BATAS-BATAS KEFANAAN TINGGALLAH KENANGAN. YANG ADA HANYALAH KETAKTERBATASAN DALAM HAKEKAT ILAHIAH.
IMAN DAN ISLAM AKAN SENANTIASA MENYERTAI. KAMILAH SEBAGAI ANAK-ANAKNYA YANG AKAN MENGISI TABUNGAN AKHERAT SEPERTI TUJUAN AKHIR DARI RUH AGAMA YANG SELAMA INI DIJAGA DAN DIPELIHARA. TIADALAH ARTI SETINGGI APAPUN KEDUDUKAN DI DUNIA MANAKALA DI HADAPAN ALLAH KITA TERCAMPAKKAN. YANG AKAN MENDATANGKAN DERITA DAN PENYESALAN YANG BERKEPANJANGAN. MAAFKAN KAMI, JIKA SELAMA INI KAMI KHILAF BAIK DISENGAJA MAUPUN TIDAK DISENGAJA TELAH MENGOTORI TUJUAN KESUCIAN RUH. BEGITU JUGA DI MASA YANG AKAN DATANG.

SABTU, JAM MENUNJUKKAN HAMPIR JAM 10 PAGI. SAYA COBA TELP KE PURWAKARTA. TERNYATA JENAZAH SUDAH BERANGKAT KE PEKUBURAN SETEMPAT. SEBAGAI PERISTIRAHATAN TERAKHIR UNTUK JENAZAH YANG DITINGGALKAN RUHNYA. PEMILIHAN PEKUBURAN SETEMPAT MERUPAKAN AMANAT MERTUA SAYA UNTUK MENOLAK PENAWARAN TAMAN MAKAM PAHLAWAN DAN DIUPACARAKAN SECARA MILITER DARI KODAM.

SELAMAT JALAN. INNA LILLAHI WAINNA ILAIHI ROJI’UN. ALLAHUMMAGHFIRLAHU WARHAMHU WA’AFIHI WA’FUANHU