Jumat, 23 Desember 2016

Menjadi yang tertua dan ternyata juga terbaik!

Alhamdulillah, di akhir tahun ini saya dipanggil "lagi" untuk pendidikan dan pelatihan yang diadakan oleh LP3TK KPTK (Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan bidang bidang Kelautan, Perikanan dan Teknologi Informasi dan Komunikasi) walau pelaksanaannya di makassar yakni di kota dimana saya tinggal, tidak terbang ke luar pulau, ya tidak apa-apa. he-he...kalau terbang apalagi ke jawa saya bisa pulang kampung dulu kan. Kata lagi yang pakai tanda kutip karena tahun lalu pun saya dipanggil untuk diklat di Banyuwangi, hanya sayang saya tidak bisa pergi karena saya sudah punya acara lain yang tidak mungkin saya batalkan, bahkan perjalanannya lebih jauh dari sekedar ke banyuwangi.

Yang menjadi catatan pada pemanggilan ini adalah tahun lalu saya langsung di telp oleh panitia bahwa ada undangan yang dikirim melalui email, sedangkan yang sekarang saya baru tahu ketika teman guru memberitahukan ke saya bahwa saya dapat undangan itu. Waduh kalau tidak ada yang melihat yaaa.....lapurlah!! Hiks. Ketika saya buka undangannya di laman LP3TK KPTK, di kolom saya sudah tidak ada email saya. hhmmmmm.....

Pelatihan ini berhubungan dengan keprofesian berkelanjutan guru mapel Agribisnis/Budidaya Rumput Laut.  Di dapodik saya tercatat sebagai guru mapel Agribisnis Rumput Laut, hanya sayang jurusan tersebut di SMK di mana saya mengabdi peminatnya kurang setiap pembukaan penerimaan siswa baru, sehingga jurusannya hanya tinggal nama.  Dan ternyata fenomena ini juga terjadi di sekolah-sekolah lain setelah saya berkomunikasi dengan teman-teman pelatihan dari hampir seluruh Indonesia, walau di beberapa tempat  masih menjadi pilihan utama.  Hal ini berhubungan karena peminatan dan dunia kerja setelah mereka lepas atau lulus dari sekolah.

Hal ini menjadi Pe eR bagi semuanya yang terkait dengan hal tersebut, bagaimana pun kalau kita melihat bahwa Rumput Laut (dengan berbagai manfaat yang luar biasa) yang diproduksi Indonesia merupakan yang terbesar di dunia.  Boleh jadi karena hal itu pula, Pemerintah dalam hal ini kementrian pendidikan masih menetapkan dalam spektrum pendidikan SMK sebagai salah satu jurusan, padahal Rumput Laut sebagai salah satu organisme perikanan yang mempunyai nilai ekonomi tinggi berada di antara organisme yang mempunyai nilai ekonomi tinggi lainnya tetapi tidak ditetapkan sebagai sebuah jurusan khusus.

Walau sementara ini tidak mengajar lagi dan berharap kembali eksis jurusan Rumput Laut, saya tetap semangat untuk mengikuti pendidikan dan latihan itu. Saya berharap dapat ilmu baru yang selama ini belum saya dapatkan.  Alhamdulillah, ternyata banyak sekali manfaatnya, disamping beberapa ilmu baru yang saya dapatkan juga bisa jadi berat badan saya meningkatkan karena makan enak, tidur enak....10 hari di hotel!!! Yang luar biasa, ternyata saya adalah peserta tertua he-he....(tapi masih gagah loh!) tapi eit....tunggu dulu walau tertua, ternyata pada waktu penutupan dari panitia dikatakan bahwa saya adalah peserta terbaik! Ups...Alhamdulillah.  Kalau begini namanya tua-tua keladi don...................



Tidak ada komentar: