Selasa, 12 Agustus 2014

Puasa Syawal 2014

Sekedar mengingatkan : klo kita menengok ke langit malam ini, akan terlihat bulan masih nyaris seperti bulat sempurna dan keindahannya masih bisa kita nikmati dengan polll. Namun sebenarnya bulan purnama (yang saat ini adalah super moon) sudah lewat dan menuju kepada bulan gelap. Artinya bahwa hitungan tanggal berdasarkan bulan sudah melewati setengah perjalanan. Seperti diketahui bahwa bulan ini adalah bulan syawal. Syawal dalam peristilahan Islam berarti peningkatan. sejatinya setelah melaksanakan periode pelatihan selama bulan ramadhan, hasilnya akan terlihat pada bulan-bulan berikutnya setelah bulan ramadhan itu meninggalkan kita, apalagi syawal berarti peningkatan. kita semua juga mengetahui bahwa di bulan syawal ini ada ibadah yang sangat dianjurkan yaitu puasa syawal 6 hari, hingga dikatakan bahwa ketika kita menyelesaikan puasa 30 hari selama bulan ramadhan dan disambung 6 hari di bulan syawal layaknya kita puasa selama setahun.


Jadi, mari kita manfaatkan sisa waktu bulan syawal yang tinggal sepenggalan untuk kita mengejar pahala puasa selama setahun. Tidak susah kalau dibandingkan 30 hari di bulan ramadhan, kan? . Hiks! he-he....justru bisa jadi 6 hari ini lebih susah dibandingkan dengan 30 hari di bulan ramadhan, suasana lingkungan yang berbeda, kegiatan kita yang boleh jadi lebih berat dan gangguan yang lebih garang! tetapi justru mungkin disitulah ujian sebenarnya, disitulah pembuktian bahwa kita mendapatkan malam lailatulqodr (smoga!).

Surga, tidaklah semudah seperti yang kita fikirkan dalam pencapaiannya! Tetapi setidaknya niat untuk menggapainya adalah langkah pertama yang sangat utama untuk langkah-langkah berikutnya berupa amal ibadah yang telah dipetakan oleh Yang Maha Pencipta Surga melalui Utusan sebagai pemberi contoh kehidupan yang benar. Boleh jadi dengan puasa 6 hari ini jarak surga agak semakin mendekat dari langkah kehidupan kita, seperti super moon yang indah itu karena jaraknya dengan bumi paling dekat! (smoga!)

Tidak ada komentar: