Rabu, 13 Mei 2015

Bunglon, si chameleon

dibolak-balik juga pasti mentok, apalagi kalau fikiranya sudah salah, mau sembunyi dimana dan atau bagaimanapun belangnya akan ketahuan. bagi orang awam mungkin tidak terlalu jelas penampakannya, tetapi yang punya hati...Ow, Ow, kamu tidak bisa menyalahkan orang itu karena bisa me-ngeker warna mu...wahai....bunglon!!!!

Kita semua tahu, bunglon adalah salah jenis binatang reptil yang cukup terkenal karena oleh Allah swt diberi kemampuan untuk mengubah warna kulit luarnya mengikuti warna tempat dimana dia berada, terutama untuk melindungi diri sebagai kamuflase atau respon terhadap musuh atau kondisi yang membahayakan. Walaupun sebenarnya berubahnya warna kulit bunglon tidaklah hanya untuk itu, untuk menarik perhatian lawan jenisnya bunglon juga akan merubah warnanya. he-he.....persis seperti manusia ya? eh..atau manusia yang meniru bunglon, ketika merasa diri ada dalam bahaya dia berusaha untuk merubah penampilan atau sikap yang menandakan dia orang yang baik, begitu pula untuk menarik perhatian lawan jenis dia akan memakai gaun-gaun yang dia rasa akan menarik perhatian lawan jenisnya! wkwkwkwk....
Yang bisa kita ambil sebagai pelajaran dari berubahnya warna kulit bunglon untuk kita manusia adalah kemampuan adaptasi terhadap lingkungan. Tetapi bukan berarti bahwa adaptasi yang kita lakukan terhadap lingkungan sesuai dengan keadaan lingkungan tanpa filter yang benar. Adaptasi terhadap lingkungan baru memungkinkan untuk sebuah kebaikan dan kebenaran, baik bagi diri sendiri maupun lingkungan itu sendiri.

Ok! selamat jadi bunglon!

Tidak ada komentar: