Sabtu, 09 Mei 2015

Perpisahan / Penamatan SMK

Dalam episode kekinian rasanya sulit untuk dikatakan perpisahan dalam arti yang sebenarnya kecuali setelah nyawa terlepas dari raganya. apalagi teknologi yang ada -yang kemungkinan masih akan dan terus berkembang- yang memungkinkan antar sesama manusia untuk saling berhubungan walau terpisah jarak dan tempat. ada berbagai media sosial yang bisa menghubungkan silaturrahim di antara sesama.

Yang ada adalah meretasnya ikatan yang kita alami selama ini, yang berhubungan dengan proses administrasi maupun status sosial. Dan itu pun, yaitu meretasnya sebuah ikatan, justru akan memasuki ikatan yang lain. sederhananya dulu sebagai siswa sekarang sudah menjadi mantan siswa, di masyarakat mungkin jadi kakak dan adik atau menjadi anggota masyarakat seperti yang lainnya, bahkan yang lebih heboh lagi misalnya ada yang berlanjut kepada ikatan yang lebih kuat lagi yaitu melalui jalur ka-u-a sebagai sebuah pasangan yang akan mewarnai kehidupan bermasyarakat. atau lebih luar biasanya karena kemampuan seseorang akan menjadi bos atau pejabat bagi yang lainnya, termasuk guru sekalipun.

Intinya dari perpisahan karena meretasnya ikatan selama ini adalah untuk mengantar kita semua, khususnya yang dulunya siswa untuk menjadi manusia yang paripurna sesuai kapasitasnya, terlepas apakah dia melanjutkan menjadi mahasiswa, pegawai atau pekerja, ibu dan bapak rumah tangga. Walau boleh jadi pendidikan yang diberikan belumlah sesempurna yang diharapkan karena segala keterbatasan para pendidik. Untuk itu saya pribadi memohon maaf jika selama ini belum maksimal mentranfer nilai-nilai yang positif dan luhur untuk mengantarkan kalian menuju tingkatan sosial yang lebih tinggi lagi. Namun begitu saya yakin, bahwa niat yang baik dan kemauan yang kuat dari kalian semua untuk menjadi seseorang yang orang lain akan melihat keberadaan kalian dengan rasa bangga dan nilai yang terpuji. apalagi kalau semua itu diikatkan kepada kekuatan Yang Maha Kuasa. kalau tu sudah kalian dapatkan tidak ada kata sulit dalam kehidupan ini. Insya Allah.

Selamat Jalan, Selamat menapakan kaki di belantara kehidupan dan menyongsong kehidupan dengan senyum dan rasa keyakinan yang tinggi. SMK bisaaaaa!!!!

Tidak ada komentar: