Selasa, 11 Februari 2014

Negara yang berdaulat (oh...indonesiaku!)

Akhir-akhir ini ada kejadian yang berhubungan dengan kedaulatan negara kita yaitu masalah yang berkaitan dengan negara-negara tetangga kita atau dengan warga negara dari tetangga kita.
(1) Kasus dibebaskannya secara bersyarat qorby, warga negara Australia, yang oleh sebagian TV dibalutkan sebagai Ratu Mariyuana. Pembebasan bersyarat ini, memancing berbagai pendapat yang umumnya sangat menyayangkan tentang pembebasa itu, hingga ada yang berpendapat adanya permainan politik di dalamnya, yang tentunya tuduhan berhubungan dengan pemerintah negara australia sebagai negara asal dari qorby. apakah betul atau tidak hal itu yang jelas, qorby nampaknya sangat superior sekali sejak mulai disidangkan yang selalu membuat ulah juga grasi yang didapatkannya selama ini. ya..mungkin itu haknya, seperti hak narapidana dalam menunut pembebasan bersyarat. yang lebih huebat lagi, setelah lepas dari penjara dia pun bisa ongkang-ongkang kaki dengan jutaan dollar yang didapat dari wawancara ekslusif dengan salah satu stasiun televisi. he-he....klo di malaysia, mungkiin qorby sudah digantung! glek! Jadi inget, bagaimana negara australia menyadap pembicaraan telp mulai dari presiden, para menteri hingga istri presiden sendiri. yah...cukup dipidatoin saja, dan beres semuanya. apakah ini sikap saling menghormati...ya...bisa jadi. yang penting di antara kita aman!
(2) Kasus negara Singapura yang menolak penamaan KRI Usman Harun hingga membatalkan undangan Air Show di singapura. yang bikin saya kaget adalah singapura, negara kecil yang kalau dibandingkan dengan luas indonesia mah kayak tidak ada sekukunya tapi berani membusungkan dadanya ke indonesia gara-gara nama KRI. Nama KRI bagaimanapun adalah hak pemerintah Indoensia yang pasti sudah diperhitungkan matang-matang! tapi jempol juga untuk Indonesia yang tidak perlu tunduk dan tidak merasa rugi dengan tidak ikut Air Show di singapura! Sebagai warga negara, saya berharap indonesia bisa berdiri sejajar bahkan dengan negara-negara yang sudah maju sekalipun. jangan mau didikte hanya karena mereka menguasai perekonomian dunia. Indonesia adalah negara kaya baik dari sumber daya alam maupun sumber daya manusianya yang berpotensi sebagai negara yang maju pula. tinggal bagaimana para pemimpin bisa mengelolanya dengan baik. Indonesia berdiri dengan perjuangan dan darah warga negaranya sendiri, tentu untuk menjadi negara maju pun baik secara ekonomi maupun politik indonesia mampu untuk menuju ke sana. Maju Terus Indonesiaku!

Tidak ada komentar: