Minggu, 20 April 2014

Contoh Surat Lamaran : Riwayat Hidup kekuatan dari surat lamaran

Suatu hari saya yang sedang main internetan pakai laptop diminta oleh teman untuk mencarikan contoh lamaran. Saya agak heran dengan permintaan itu, mungkin karena pengalaman saya dulu ketika masih mencari pekerjaan setelah lulus kuliah saya membuat sendiri surat lamaran. Jadi saya bilang, "sini saya buatkan!'

Saya barangkali lupa bahwa saat ini adalah zaman internetan, semua menggunakan internet, baik untuk mencari sesuatu, berkomunikasi, main game dan lain sebagainya. Bahkan untuk tugas-tugas keilmiahan pun orang banyak mencari di internet dengan bantuan om google katanya. Akibatnya pun perpustakaan jadi tidak terlalu ramai lagi, walau di perpustakaan saat inipun disediakan peralatan komputer untuk mencari pustaka secara online.

Tapi, melalui blog ini saya akan mencoba menuangkan bentuk surat lamaran yang dulu biasa saya tulis, mudah-mudahan bisa jadi alternatif atau untuk pembanding dengan contoh surat lamaran lain.


(Tata letak surat silahkan tentukan sendiri, seperti penempatan tanggal atau subjek yang dituju. Saya tempatkan di kiri semua, katanya itu model bersurat ala amerika! Maksudnya tempatkan sendiri sesuai dengan kaidah umum yang dipakai!)



Contoh :



Bandung (nama kota dimana anda tinggal), 20 April 2014 (tanggal, bulan dan tahun surat dibuat)

Kepada : Yth. Bapak Direktur Utama PT Maju Terus (Surat harus ditujukan kepada Pemegang kekuasan tertinggi di perusahaan itu)
cq. Kepala Bagian Personalia
di
Jakarta



Dengan Hormat,

Melalui surat ini, saya :
N a m a : Ir. Abdullah
Umur : 25 tahun
Alamat : Jl. Antapani no 22 Bandung
mengajukan surat lamaran kepada Bapak, untuk menjadi karyawan di perusahaan yang Bapak pimpin. Dengan latar belakang, kemampuan dan kemauan yang saya punya saya siap untuk terlibat dan bekerja sama untuk memajukan perusahaan.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama surat ini saya lampirkan :
1. Pas foto 4 x 6, 3 lembar.
2. Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3. Riwayat Hidup.
4. Foto copy Ijazah Perguruan Tinggi (ijazah SD, SMP dan SMA bisa juga dilampirkan atau sesuai permintaan)
5. Surat keterangan berkelakuan baik dari Polisi (SKCK) (surat dari polisi ini kalau diminta)


Demikian surat lamaran ini atas perhatian dan kerja sama Bapak, saya ucapkan terima kasih banyak.



Hormat saya,

tanda tangan



Ir. Abdullah



==== Catatan : 1. Surat lamaran ini harus ditulis tangan. 2. Diusahakan jangan ada kesalahan kata dan coretan. Lebih baik ulangi kalau ada salah dan coretan. 3. Kalau ada sertifikat atau piagam yang bisa memperlihatkan prestasi bisa dilampirkan juga.





==== Hal yang penting juga adalah data pendukung yang dilampirkan sebagai bahan pertimbangan perusahaan untuk menarik perhatian yang berwenang. Dosen sosiologi saya dulu mengatakan bahwa point penting untuk menarik perhatian orang/perusahaan agar mau menarik kita untuk menjadi pegawai/karyawannya adalah Riwayat Hidup. Munculkan segala informasi di Riwayat Hidup itu, baik prestasi yang kita punya, keaktifan kita di organisasi, informasi keluarga (ayah ibu bekerja dimana, kakak adik sekolah dan bekerja dimana), kursus yang kita ikuti. Pokoknya bikinlah setebal mungkin tapi tentunya merupakan hal yang sebenarnya, bukan cerita bohong-bohongan, karena biasa di akhir Riwayar Hidup ditulis bahwa ini adalah riwayat hidup yang sebenar-benarnya. Jangan memakai format riwayat hidup yang ada dijual di toko, buatlah riwayat hidup sendiri dengan format sendiri, seperti misalnya ketika menulis nama lengkap, buatlah point nama panggilan yang biasa dipakai di rumah atau pergaulan sehari-hari. Mungkin saja ini masalah kecil atau sepele tapi kita menampakkan seutuhnya pribadi kita. Boleh jadi kita tidak terlalu pintar kalau melihat dari ijazah yang kita punya tapi kalau kita mempunyai pribadi yang menarik, terbuka boleh jadi perusahaan akan memanggil kita untuk melakukan test.

Dengan dipanggilnya kita untuk melaksanakan test, itu sudah point penting untuk kita berjuang dengan sesungguhnya face to face dengan pejabat perusahaan. kita tunjukkan kemampuan kita sehingga perusahaan tertarik untuk merekrut kita sebagai karyawannya. Oh iya, kalau riwayat hidup ini bisa diketik dengan komputer.

Ok! Selamat melamar, semoga berhasil!!



==========



http://www.suara.com/tekno/2015/05/01/060456/jangan-gunakan-times-new-roman-saat-mengetik-lamaran-kerja


=============


Maaf, ikut nebeng, bagi yang mau memenuhi kebutuhan hidupnya klik http://onstore.co.id/s/00367940001


Baca juga : http://mang-emfur.blogspot.co.id/2016/05/apakah-kita-hanya-mau-berpangku-tangan.html

Tidak ada komentar: