Sabtu, 25 April 2015

Semifinal Liga Champion UEFA 2015

Sungguh mengejutkan ketika malam tadi, jumat malam, saya membaca di berita online bahwa Barcelona akan bertemu dengan Bayern Munchen di semifinal Liga Champion Eropa. Apa yang ditakutkan bahwa akan terjadi reuni antara Bercelona dan Pep Guardiola, kejadian di Semifinal ini. Dan yang saya takutkan adalah bahwa kedua tim ini adalah klub favorit saya di eropa, sayang rasanya kalau di semifinal di antara mereka sudah saling mengalahkan, kecuali di partai puncak.


Sebenarnya Semifinal tahun ini sungguh luar biasa, karena tim-tim yang tampil adalah tim-tim yang mempunyai nama di Liga Champion Eropa setidaknya mereka adalah tim-tim yang telah mencicipi predikat juara. Apalagi kalau kita melihat prestasi Real Mardid yang sudah 10 kali menjuarainya, dan sekarang status sebagai juara bertahan. Sulit nampaknya bagi tim-tim lain untuk mendekati prestasi dari Real Mardid, bahkan untuk para semifinal lainnya, seperti Barcelona (4 kali juara), Bayern Munchen (5 kali juara) dan Juventus (2 kali juara). Apalagi langkah Managemen Real Mardid tidak pernah mengendurkan kebijakan untuk terus berprestasi di liga domestik dan eropa hingga dunia. (Ingat, AC Milan (kalau tidak salah sudah 5 kali juara liga Champions), ketika kencang-kencangnya menjadi tim terkuat di itali dan eropa bahkan dunia, kemudian managemennya mengendurkan kebijakan dengan membeli pemain-pemain terkenal tapi sudah tua yang produtifitasnya sudah mulai menurun atau masa puncaknya sudah dilewati! sehingga akhirnya prestasi AC Milan anjlok jeblok bahkan musim ini terseok-seok di peringkat tengah di liga lokal (Itali). Segala usaha dengan mengganti pelatih sudah beberapa kali dilakukan tetapi tetap susah untuk bangkit!)

Tim Semifinal lainnya, adalah juara-juara atau yang sedang memimpin di klasemen sementara di liganya masing-masing. Bahkan Bayern Munchen dan Juventus, nilai perolehannya sungguh berbeda jauh dengan peringkat di bawahnya. Barcelona, memang sementara ini memimpin tetapi dengan perasaan yang tidak tenang karena perbedaan pointnya sangat sedikit dengan peringkat di bawahnya (2 point), yaitu Real Mardid sendiri. Salah sedikit, maka Real Mardid akan mengkudeta posisi puncaknya!

Yang sungguh menggembirakan dari empat tim semifinal ini adalah munculnya Juventus. Selain Juventus, dalam 5 tahun terakhir ini, mereka (Barcelona, Real Mardid dan Bayern Munchen) adalah tim-tim yang selalu mendominasi liga champions ini. Juventus, memang sudah 2 kali menjuarai liga Champions ini, tetapi itu sudah berlangsung lama. Selama ini Juventus seolah tenggelam, dimulai ketika ada kasus pengaturan skor sehingga mendapat sangsi dari otoritas sepakbola eropa dan juga hebatnya tim-tim lainnya di liga itali (AC Milan dan Inter Milan) sehingga Juventus tambah tenggelam dari percaturan persaingan sepakbola eropa.

Walau Juventus bukan favorit saya dari dulu tetapi saya melihat bahwa Juventus adalah tim yang mempunyai mental juara. Kalau kita melihat di liga lokalnya, Juventus adalah pemegang rekor juara paling banyak. Mental juara itu diperlihatkannya tahun ini di liga Eropa, walau tidak sementereng pemain-pemain dari tim lainnya, dan itu yang dikeluhkan pelatih Juve sebelumnya, tetapi mereka mampu menunjukkan hingga semifinal. Meskipun, misalnya Juve, tidak sampai ke final atau menjuarainya pada tahun ini, saya yakin Juve akan terus menjadi pesaing serius bagi tim-tim lainnya di liga Champions di tahun-tahun berikutnya.

Ok. kita tunggu penampilan mereka di semifinal. Semoga mereka mampu menampilkan permainan yang menghibur dan memberikan pelajaran penting kepada tim-tim sepakbola yang sedang berkembang terutama di negara-negara yang sedang membangun persepakbolaan menuju persaingan regional dan dunia. Tetapi bagi saya sendiri, saya berharap salah satu favorit saya bisa menjadi juara tahun ini!!!!!!!!!!! Bravo Barcelona!!!!!!!!! Bravo Bayern Munchen!!!!!!!!!!!!!!!

Tidak ada komentar: