Sabtu, 18 Januari 2014

Pegangan

Seorang yang berilmu mengatakan, "Seseorang harus mempunyai pegangan atau pedoman umum sebagai sumber penyandaran hal-hal yang bersifat parsial dan lebih rinci, agar dia bisa berbicara berdasarkan ilmu dan objektif, di samping akan mengetahui bagaimana hal-hal itu sampai terjadi. Jika tidak demikian, maka dia akan mudah terhasut oleh kedustaan dan kebodohan mengenai masalah-masalah parsial tersebut, dan tetap bodoh terhadap pedoman umumnya. Dan bisa dipastikan hal itu akan melahirkan kesimpulan (pemahaman) yang sangat kacau"
hmmmm....

klo pak Mario Teguh, menyarankan kepada kita untuk selalu mengasah hati kita yang mempunyai fitrah kepada kebaikan, klo tidak begitu maka hati kita akan mati dan tidak bisa lagi memisahkan mana yang baik dan yang tidak baik. boleh jadi hal itu juga yang digambarkan oleh Allah swt dalam al-quran, "Mereka itulah orang yang hati, pendengaran dan penglihatannya telah dikunci oleh Allah. Mereka itulah orang yang lalai" (16:108)

gambaran lain yang agak konyol dan banyol, pernah disampaikan oleh almarhum Gus Dur, klo kita sudah tidak punya pegangan maka kita akan susah membedakan mana telur dan mana ....(maaF) tai kotok!!!

Tidak ada komentar: