Minggu, 16 Agustus 2015

70 Tahun Indonesia Merdeka!

Tanggal 17 agustus rupanya hari ini! Ketika saya cek laporan penayangan blog saya, eehhh....masih ada orang yang melihat tulisan saya yang berhubungan dengan hari kemerdekaan ini tahun lalu, sehingga membuat saya penasaran untuk melihat dan membaca ulang. he-he...ternyata banyak juga kesalahan pengetikan dan mungkin kalimat yang susah dicerna yang baca. (inilah susahnya kalau tidak ada editor profesional dan terlalu bernafsu untuk cepat tayang!).

Untuk hari ini, apa yaaaa.....? oh iya, kemarin, ketika saya jalan kaki menuju pulang ke rumah bersama orang tua yang sudah pensiun, jalannya saja pelan dan penuh kehati-hatian karena matanya sudah bermasalah, takut jatuh karena jalan yang berlobang dan itu pernah terjadi! Hiks Tanpa ba, bi. bu, orangtua itu langsung bicara tentang hari kemerdekaan ini. Saya pun manggut-manggut mendengarkannya. Begini katanya, "17 Agustus itu identik dengan lomba-lomba, lomba karung, lomba makan kerupuk, lomba-lomba lainnya..." Sampai disini pun saya tidak menyela melalui mulut, tetapi dalam hati ikut mengomentari, "yaaa...bagus untuk pembelajaran bagi anak-anak bahwa kemerdekaan itu tidak diraih dengan mudah, ada usaha dan pengorbanan, yang setidaknya itu tergambar dalam perlombaan. Disamping juga....." Belum selesai mengomentari di dalam hati, orangtua ini melanjutkan pembicaraannya, "di tingkat pejabat, di de-pe-er juga berlomba membuat proyek...." Ups! yaa...pak Tua, kalau proyek untuk kesejahteraan masyarakat sih kan tidak apa-apa masalah toh? Jangan sampai berlomba bikin proyek untuk kesejahteraan diri dan kelompok dengan cara yang salah!! (komentar ini masih dalam hati).

Belum sampai bicara banyak, kami sampai di suatu tempat dimana banyak orang duduk-duduk berkumpul, dan biasanya orangtua ini ikut nimbrung di situ. Namanya juga orangtua, biasanya jadi selalu pusat perhatian yang lain. Akhirnya, dari kalimat terakhir yang mengandung keprihatinan orangtua terhadap kondisi saat ini, setelah 70 tahun merdeka, yang mungkin bagi beliau tidak sebanding dengan perjalanan pengisian kemerdekaan selama itu dengan hasil yang ada saat ini, padahal kekayaan negara ini sungguh sangat luar biasa!! Hiks. Kami pun berpisah, beliau ikut nimbrung dengan kumpulan itu, sementara saya terus berjalan dengan di otak ini penuh dengan tanda ??????. Apa yang harus saya lakukan? Apakah kata ‪#‎bukanurusansaya‬ masih tepat untuk saya lontarkan???? Hiks (Terlihat, rumput masih tetap bergoyang, mungkin dia menunggu pertanyaan dari saya!!! entah apakah kalau saya bertanya pada rumput yang bergoyang, dia bisa menjawabnya?)

Merdeka!!! (satu kali saja, rasanya saya ingin minum dulu!)

Tidak ada komentar: