Sabtu, 01 Agustus 2015

Lidah tak bertulang. Kalau bertulang bagaimana?

Pintarnya manusia membuat peristilahan akan apa yang terjadi pada diri manusia sendiri. Contohnya, dimana kaki berpijak di situlah langit dijunjung. (tahu kan artinya?). contoh lain, dunia tidak seluas daun kolor, eh salah, daun kelor maksudnya. (tahu kan artinya?). contoh lain lagi, semut di sebrang pulau terlihat dengan jelas, tapi gajah di depan mata tidak kelihatan sama sekali. (tahu kan artinya?)

Ada lagi, Karena lidah tak bertulang. arti sederhana dari istilah itu ialah mencla mencle, kemarin bilang A, besok bilang B. Ngomong sembarangan. (kadang saya juga seperti itu! Hiks).

Coba kita iseng-iseng utak atik peristilahan itu. Karena kekuasaan Allah swt lidah secara fisik berbentuk seperti itu tidak bertulang. Fikiran manusia yang terbatas, belum atau tidak bisa menjangkau kenapa Allah swt sampai menciptakan lidah seperti itu dari sejak awalnya. Tetapi yang jelas semua ciptaan Allah swt atas diri kita dan semua yang ada di alam semesta ini, merupakan sebuah kesempurnaan atas kekuasaan Allah swt mengenai ciptaan-Nya, walaupun manusia sendiri kadang tidak mengerti kenapa sampai seperti itu.

"Yang demikian itu, Ialah Tuhan yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, Yang Maha Perkasa dan Maha Penyayang, YANG MEMPERINDAH SEGALA SESUATU YANG DIA CIPTAKAN...." (As-Sajadah ayat 6-7)

Kembali kepada istilah Lidah Tak Bertulang. Dengan kebodohan fikiran saya di hadapan Allah swt, Apakah kalau Lidah Bertulang, manusia tidak akan mencla mencle? tidak pernah berubah perkataan? Tidak pernah ngomong sembarangan? Kalau saya sih yakin, biar Allah swt menciptakan manusia dari awalnya dengan Lidah yang bertulang, pasti ada saja manusia yang bersifat seperti yang disebutkan, mencla mencle, gampang merubah perkataan dan ngomong sembarangan.

Malaikat pernah bertanya kepada Allah, "Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana?" Orang yang suka merusak dan terjadinya pertumpahan darah kadang berasal dari pembicaraan, dimana lidah berperan didalam pembicaraan itu! Nah jadi tetap, kalau pun Allah swt menjadikan lidah yang bertulang, manusia akan ribut karena perkataannya!

Bener Ngak? Bagaimana menurut Anda?

Tidak ada komentar: